Tuesday, July 1, 2025
ArabicEnglishIndonesian
MAS Abu Hurairah
  • Home
  • Profil
    • Visi & Misi
    • Program Unggulan
    • Pimpinan Yayasan Al’Adzkiya
    • Struktur Organisasi
  • Berita
  • PSB 2022-2023
    • Pendaftaran Online
    • Program Madrasah
    • Syarat Pendaftaran
    • Pembiayaan
  • Kurikulum
  • Fasilitas
  • Home
  • Profil
    • Visi & Misi
    • Program Unggulan
    • Pimpinan Yayasan Al’Adzkiya
    • Struktur Organisasi
  • Berita
  • PSB 2022-2023
    • Pendaftaran Online
    • Program Madrasah
    • Syarat Pendaftaran
    • Pembiayaan
  • Kurikulum
  • Fasilitas
No Result
View All Result
MAS Abu Hurairah
No Result
View All Result

Pembelajaran Microlearning

admin by admin
December 10, 2021
in Berita
0
PENGUMUMAN PENTING
0
SHARES
556
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pembelajaran Microlearning dapat didefinisikan beberapa definisi, antara lain:

  1. Microlearning adalah pembelajaran yang dilakukan dalam waktu relatif singkat, pembelajaran yang sesuai kemampuan otak manusia, berorientasi siswa aktif, dan   menyenangkan (Raden).
  2. Microlearning atau pembelajaran mikro adalah suatu cara untuk menyampaikan edukasi dalam unit yang kecil yang biasanya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengatur pembelajarannya sesuai kecepatan masing-masing (Volz, 2020).
  3. Pembelajaran mikro adalah berbagai cara yang diekspresikan secara singkat untuk   pembelajaran dalam menyampaikan konten mikro (Semingson, dkk. 2015).

Karakteristik dari pembelajaran mikro dapat dilihat dari tujuan penerapan microlearning,

TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan penerapan pembelajaran mikro adalah membuat materi pelajaran yang disampaikan mudah dipahami dan diingat untuk waktu yang lama, memudahkan peserta didik menyerap dan mempertahankan informasi yang diberikan dalam pembelajaran, membuat siswa fokus selama pembelajaran yang dilakukan dalam waktu pendek, sehingga dapat memahami materi yang diberikan dan tidak kehilangan pemahaman tersebut karena kejenuhan dalam pembelajaran yang dilakukan (seperti pembelajaran dalam waktu yang panjang).

WAKTU

Waktu Pembelajaran dilakukan menggunakan waktu kurang dari 15 menit, bahkan kurang dari 5 menit (Semingson, dkk., 2015; Giurgiu, 2017; Cortez, 2018; Volz, 2020). Karakteristik waktu ini tidak berarti bahwa suatu pembelajaran mikro selalu berdiri sendiri dan dilakukan hanya sebentar. Pembelajaran mikro yang relatif singkat dapat menjadi bagian dari suatu pembelajaran di sekolah yang dilakukan dalam waktu 2 jam pelajaran. Waktu yang singkat ini tidak terlepas dari daya tahan otak untuk fokus. Akses terhadap materi ajar dapat dilakukan di perjalanan atau ketika sedang menunggu misalnya. Dalam waktu 3 – 5 menit pada aktifitas tersebut, seorang peserta didik akan mendapat informasi yang harus dipelajarinya. Dengan kata lain, pembelajaran mikro dapat membuat peserta didik memanfaatkan waktu yang biasanya tidak digunakan untuk belajar menjadi lebih bermanfaat.

KONTEN YANG DIAJARKAN

Untuk materi atau konten pembelajaran yang diajarkan, hampir semua literatur menjelaskan bahwa pembelajaran mikro berfokus mempelajari topik tunggal atau bagian dari suatu konsep yang luas. Para penulis menggunakan istilah “single topic”, “smaller slice content”, “microcontent”, “small chunk”, “content fragment”, atau “bite-size content”. Semua istilah tersebut bermaksud menunjukkan bahwa konten yang diberikan jumlahnya sedikit. Jumlah yang sedikit ini terkait dengan kemudahan bagi siswa untuk memahaminya. Isi yang sedikit ini juga dapat membuat siswa lebih mendalami dan memaknainya, sehingga dapat tersimpan lebih lama dalam memorinya.

Previous Post

Manajemen Mutu Madrasah di Era 4.0

Next Post

PENGUMUMAN PENTING

Next Post
PENGUMUMAN PENTING

PENGUMUMAN PENTING

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Result
View All Result

Recent Posts

  • Komandan Hati Sebenarnya
  • Pengumuman Kelulusan Siswa/i Kelas XII MAS PP Abu Hurairah TA.2021/2022
  • Rangkaian Promosi Ma’had Abu Hurairah Rantauprapat 2022
  • Ma’had Abu Hurairah Jalin Kerjasama dengan Ma’had Abu Ubaidah
  • UNGGUL DALAM BERBAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS

Recent Comments

  • admin on Kenapa Memilih MAS Ponpes ABu Hurairah Rantauprapat?
  • Santoso on Kenapa Memilih MAS Ponpes ABu Hurairah Rantauprapat?
  • Santoso on Sosialisasi ke Sekolah-sekolah Tingkat SMP/MTs Sederajat di Rantauprapat

Archives

  • March 2023
  • May 2022
  • April 2022
  • February 2022
  • January 2022
  • December 2021
  • November 2021
  • October 2021
  • September 2021
  • July 2021
  • June 2021
  • May 2021
  • April 2021

Categories

  • Berita
  • Kajian
  • Kegiatan
  • Keunggulan

Meta

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org
logo1 (1)

Gedung Utama

Jalan Sisingamangaraja No 126
Rantauprapat
Labuhan Batu – Sumatera Utara

Call Center Penerimaan
Santri & Santriwati Baru

0823 6993 8801

Media Sosial MAS Ponpes
Abu Hurairah

Instagram : masponpes_abuhurairah
Facebook : masponpes_abuhurairah
WhatsApp : 0822 3515 5165

© 2021 MAS PONPES ABU HURAIRAH – Istiqomah Mencintai Sunnah

No Result
View All Result

© 2021 MAS PONPES ABU HURAIRAH

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In