Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) memiliki karakteristik adalah latihan soal. Latihan-latihan soal ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah siswa. Latihan-latihan soal ini merupakan suatu tugas yang meminta siswa untuk menghasilkan sesuatu konsep baru dari dirinya (siswa) sendiri.”
adapun langkah-langkah dalam kegiatan melakukan model pembelajaran Missouri Project (MMP) bisa dilakukan sebagai berikut:
- Pendahuluan atau Review
- Membahas PR
- Meninjau ulang pelajaran yang lalu, terutama yang berkaitan dengan materi baru
- Membangkitkan motivasi
- Pengembangan
jika dilihat penjelasan diatas, ada 5 langkah-langkah yang akan dilakukan dalam kegiatan pemodelan, Guru menyajikan ide baru sebagai perluasan konsep matematika terdahulu. Siswa diberi tahu tujuan pembelajaran yang memiliki antisipasi tentang sasaran pembelajaran. Penjelasan, diskusi interaktif antara guru dan siswa harus disajikan termasuk demonstrasi konkrit yang sifatnya simbolik.
Guru mendemonstrasikan 50% waktu pelajaran untuk pengembangan. Pengembangan akan lebih bijaksana bila disajikan dan dikombinasikan dengan latihan terkontrol untuk meyakinkan bahwa siswa mengikuti penyajian materi baru yang akan dipelajari. Latihan dan bimbingan guru Siswa diminta merespon satu rangkaian soal sambil guru mengamati. Guru mengamati setiap langkah yang lalui siswa. Belajar kooperatif, guru harus memasukkan rincian khusus tanggung jawab kelompok dan ganjaran individual berdasarkan pencapaian materi yang di pelajari.
Kerja mandiri (seatwork) Siswa bekerja sendiri untuk latihan atau perluasan konsep pada langkah 2 (pengembangan). Penutup, Siswa merangkum pelajaran, membuat renungan tentang hal-hal baik yang sudah dilakukan serta hal-hal yang kurang baik yang harus dihilangkan. Memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
Metode ini merupakan salah satu yang digunakan oleh Guru/Staf pengajar di MAS Abu Hurairah untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbukan raja kepercayaan diri pada peserta didik yang ada.